h1

Kiat Tilawah Al-Quran satu Hari satu Juz

Agustus 17, 2010

إِنَّ ٱلَّذِينَ يَتۡلُونَ كِتَـٰبَ ٱللَّهِ وَأَقَامُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنفَقُواْ مِمَّا رَزَقۡنَـٰهُمۡ سِرًّ۬ا وَعَلَانِيَةً۬ يَرۡجُونَ تِجَـٰرَةً۬ لَّن تَبُورَ(*) لِيُوَفِّيَهُمۡ أُجُورَهُمۡ وَيَزِيدَهُم مِّن فَضۡلِهِۚۦۤ إِنَّهُ ۥ غَفُورٌ۬ شَڪُورٌ(*)۬

Allah Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat serta menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Menyukuri.” (QS. Fathir: 29-30)

Ada dua cara seseorang di dalam membaca kitab Allah. Pertama, tilawah hukmiyyah, yaitu membenarkan segala berita yang ada di dalamnya dan menerapkan hukum-hukumnya dengan cara melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Kedua, tilawah lafhzhiyyah atau qira’atul Qur’an, banyak sekali nash-nash yang menyebut keutamaannya. Dalam Shahih Bukhari, disebutkan riwayat dari Utsman bin Affan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.”

Dalam Shahihain, disebutkan pula hadits dari Aisyah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Orang yang mahir membaca Al-Qur’an kelak (mendapat tempat disurga) bersama para utusan yang mulia lagi baik. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dan masih terbata-bata, dan merasa berat dan susah, maka dia mendapatkan dua pahala.”

Dua pahala ini, salah satunya merupakan balasan dari membaca Al-Qur’an itu sendiri, sedangkan yang kedua adalah atas kesusahan dan keberatan yang dirasakan oleh pembacanya.

Dalam Shahih Muslim disebutkan riwayat dari Abu Umamah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena pada hari Kiamat nanti dia akan datang sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia mendapatkan satu kebaikan, sedangkan kebaikan itu dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

Begitu banyak keutamaan membaca Al – Qur’an, hal ini membuat sebagian muslim/muslimat menargetkan dirinya dapat menyelesaikan satu juz setiap harinya. Sehingga diharapkan dapat khatam dalam waktu sebulan. Memang akan terasa sangat memberatkan saat akan memulainya, untuk itu diperlukan strategi khusus untuk dapat melaksanakannya. Ada beberapa tips agar anda dapat mencapai target satu juz/hari (kuncinya adalah “konsisten”).

  • Pertama;

Menyediakan waktu khusus untuk menyelesaikan satu juz sekaligus (mengunakan waktu antara shalat Maghrib dan Isya’ atau setelah shalat Lail, sekaligus menunggu datangnya waktu shalat Subuh).

  • Kedua;

Memanfaatkan waktu setelah Shalat Fardhu 5 waktu (jika rata-rata 1 juz adalah 10 lembar maka anda hanya membutuhkan membaca 2 lembar saja setiap selesai shalat atau masing-masing 1 lembar sebelum dan sesudah anda shalat).

  • Ketiga;

Menggunakan setiap kesempatan yang ada untuk membaca Al-Qur’an (pokoknya yang penting dapat menyelesaikan 1 juz/hari).

Dari ketiga tips diatas pilihlah yang sesuai dengan anda, atau mungkin anda sudah mempunyai tips sendiri yang sudah anda jalani. Semoga Allah senatiasa memberikan Rahmat dan Hidayah kepada kita semua untuk selalu dapat menjaga bacaan Al-Qur’an dengan baik dan benar. Amin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: